Translate

Kamis, 20 Desember 2012

Perkembangan Freedhand

Macromedia Freehand

Macromedia FreeHand
Macromedia FreeHand FreeHand.png
FreeHand MX.
FreeHand MX di Mac OS X.
Pengembang (s) Macromedia
Dihentikan MX (11.0.2)
Sistem operasi Mac OS X, Windows
Jenis vektor editor grafis
Situs web Adobe FreeHand
Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor dua dimensi yang berorientasi terutama untuk ilustrasi profesional, percetakan dan pembuatan konten untuk Web. FreeHand mirip dalam ruang lingkup, pasar yang dituju, dan fungsi ke Adobe Illustrator, CorelDraw dan Xara Designer Pro [1]. Karena tata letak halaman khusus FreeHand dan fitur kontrol teks, juga membandingkan dengan Adobe InDesign dan QuarkXPress. Profesi menggunakan FreeHand meliputi Desain Grafis, Ilustrasi, Kartografi, Fashion dan Desain Tekstil, Desain Produk, Arsitek, Penelitian Ilmu, dan Produksi Multimedia. [2]
FreeHand diciptakan oleh Altsys Corporation di tahun 1988 dan dilisensikan ke Aldus Corporation yang dirilis versi 1 sampai 4. Pada tahun 1994, Aldus bergabung dengan Adobe Systems dan karena pasar tumpang tindih dengan Adobe Illustrator, FreeHand dikembalikan ke Altsys atas perintah Komisi Perdagangan Federal. [3] Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang merilis versi FreeHand 5 sampai 11 (FreeHand MX). Pada tahun 2005, Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan lini produk yang termasuk MX FreeHand, yang di bawah kepemilikan itu saat ini berada. [4]
Pembangunan telah dihentikan tetapi masih dijual dalam versi untuk Microsoft Windows dan Mac OS X. [4] MX FreeHand tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, bahasa Cina (tradisional dan disederhanakan), Perancis, Italia, Jepang, Spanyol dan Swedia.
FreeHand MX terus berjalan di bawah Windows 7 menggunakan modus kompatibilitas dan di bawah Mac OS X 10.6 (Snow Leopard) dalam Rosetta (perangkat lunak), emulator Aplikasi Karbon, dan membutuhkan sebuah patch pendaftaran yang disediakan oleh Adobe. [5]
Pada tahun 1984, James R. Von Ehr mendirikan Corporation Altsys untuk mengembangkan aplikasi grafis untuk komputer pribadi. Berbasis di Plano, Texas, perusahaan awalnya diproduksi mengedit font dan software konversi;. Fontastic Plus, Metamorfosis, dan Importir Seni [6] mereka utama PostScript font-desain paket, Fontographer, dirilis pada tahun 1986 dan merupakan program seperti pertama pada pasar. Dengan latar belakang PostScript didirikan dengan Fontographer, Altsys juga mengembangkan FreeHand (awalnya bernama Masterpiece) sebagai program Postscript berbasis ilustrasi Macintosh yang digunakan kurva Bezier untuk menggambar dan mirip dengan Adobe Illustrator. FreeHand diumumkan sebagai “… sebuah program grafis Macintosh digambarkan memiliki semua fitur dari Adobe Illustrator ditambah alat gambar seperti di Mac Cat dan Mac Draft dan efek khusus sama dengan yang di draw Cricket.” [7] Aldus Seattle Corporation diperoleh perjanjian lisensi dengan Altsys untuk melepaskan FreeHand bersama dengan produk andalan mereka, Pagemaker, dan Aldus FreeHand 1.0 dirilis pada tahun 1988 [7] nama produk FreeHand yang digunakan intercaps;. F dan H yang dikapitalisasi.
Kemitraan antara kedua perusahaan terus berkembang dengan Altsys FreeHand dan dengan pemasaran Aldus pengendali dan penjualan. Setelah tahun 1988, pertukaran kompetitif antara FreeHand Aldus dan Adobe Illustrator terjadi pada platform Macintosh dengan perangkat lunak setiap memajukan alat-alat baru, mencapai kecepatan yang lebih baik, dan pencocokan fitur yang signifikan. Pengembangan Windows PC juga memungkinkan Illustrator 2 (alias, Illustrator 88 pada Mac) dan FreeHand 3 untuk merilis versi Windows untuk pasar grafis.
FreeHand 1.0 dijual seharga US $ 495 pada tahun 1988. Ini termasuk alat gambar standar dan fitur program-program menarik lainnya termasuk efek khusus dalam mengisi dan layar, alat teks manipulasi, dan dukungan penuh untuk pencetakan warna CMYK. Dimungkinkan juga untuk membuat dan memasukkan rutinitas PostScript mana saja dalam program. FreeHand dilakukan dalam modus pratinjau bukan mode keyline tetapi kinerja lebih lambat.
FreeHand 2.0 dijual seharga US $ 495 pada tahun 1989. Selain meningkatkan pada fitur FreeHand 1.0, FreeHand 2 menambahkan operasi yang lebih cepat, warna Pantone, teks membelai, pola mengisi fleksibel dan secara otomatis mengimpor aset grafis dari program lain. Ia menambahkan kontrol akurat melalui tampilan monitor layar warna, hanya dibatasi oleh resolusi.
FreeHand 3.0 dijual seharga $ 595 pada tahun 1991. Fitur baru termasuk warna resizable, gaya, dan panel lapisan termasuk menu Atribut. Juga lebih ketat presisi dari kedua alat yang ada dan menyelaraskan objek. FH3 diciptakan Jalan majemuk. Teks dapat dikonversi ke jalur, diterapkan pada elips, atau dibuat vertikal. Dibawa dari versi 1.0, FreeHand 3 diderita setelah teks yang dimasukkan ke kotak dialog bukannya langsung ke halaman. Pada bulan Oktober 1991, upgrade 3.1 membuat pekerjaan FreeHand dengan Mac OS 7 tapi tambahan, itu didukung gambar sensitif tekanan yang ditawarkan bervariasi lebar garis dengan stroke pengguna. Ini meningkat manipulasi elemen dan menambahkan impor lebih / pilihan ekspor. [8]
FreeHand 4.0 dijual seharga $ 595 pada tahun 1994. Altsys porting FreeHand 3.0 untuk sistem NeXT menciptakan sebuah program baru bernama Virtuoso [9] Virtuoso. Melanjutkan perkembangannya di Altsys dan 2,0 versi Virtuoso adalah fitur setara dengan FreeHand 4 (dengan penambahan NeXT-fitur khusus seperti Layanan dan Tampilan PostScript) dan file yang kompatibel, Virtuoso dengan 2 dapat membuka FreeHand 4 file dan sebaliknya. Fitur yang menonjol dari versi ini adalah kemampuan untuk mengetik langsung ke halaman dan bungkus dalam atau di luar bentuk apapun. Ini juga termasuk drag-and-drop pencitraan warna, karton lebih besar, dan user interface yang menampilkan mengambang, panel rollup. Palet warna yang masuk mixer warna untuk menambahkan warna baru ke daftar carikan. Meningkatkan kecepatan dibuat.
Pada tahun yang sama dari FreeHand 4 rilis, Adobe Systems mengumumkan rencana merger dengan Aldus Corporation untuk $ 525.000.000. Ketakutan tentang akhir kompetisi antara dua aplikasi terkemuka dilaporkan di media dan menyatakan pelanggan (Illustrator dibandingkan FreeHand dan Photoshop vs PhotoStyler.) [10] [11] Karena itu tumpang tindih pasar, Altsys melangkah dengan menuntut Aldus , mengatakan bahwa kesepakatan merger adalah “pelanggaran prima facie dari klausa non-bersaing dalam perjanjian lisensi FreeHand.” [12] Altsys CEO Jim Von Ehr menjelaskan, “Tidak ada yang mencintai FreeHand lebih daripada kita. Kami akan melakukan apa pun diperlukan untuk melihatnya bertahan hidup. “[13] Perdagangan Komisi Federal mengeluarkan keluhan dari Adobe Systems pada 18 Oktober 1994 memerintahkan divestasi FreeHand untuk” memperbaiki berkurangnya kompetisi akibat akuisisi seperti yang dituduhkan dalam pengaduan Komisi, “dan lebih lanjut, FTC pemesanan, “Itu untuk jangka waktu sepuluh (10) tahun dari tanggal dimana urutan ini menjadi akhir, responden tidak akan, tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Komisi, langsung atau tidak langsung melalui anak perusahaan, kemitraan, atau … Membeli Software Ilustrasi Professional atau memperoleh atau masuk ke dalam lisensi eksklusif untuk Software Ilustrasi Profesional; “[3] (. mengacu pada FreeHand) FreeHand dikembalikan ke Altsys dengan semua lisensi dan hak pemasaran serta daftar pelanggan Aldus FreeHand itu.
[Sunting] Macromedia Freehand
Pada akhir 1994, Altsys masih mempertahankan semua hak untuk FreeHand. Meskipun rencana singkat untuk tetap di rumah untuk menjualnya bersama dengan Fontographer dan Virtuoso, [13] Altsys mencapai kesepakatan dengan perusahaan perangkat lunak multimedia, Macromedia, yang akan diperoleh. Perjanjian bersama yang diatur FreeHand dan Fontographer rumah baru dengan sumber daya yang cukup untuk pemasaran, penjualan, dan persaingan terhadap perusahaan-Aldus Adobe yang baru bergabung. Altsys akan tetap di Richardson, Texas tapi akan diganti sebagai Kelompok Seni Digital dari Macromedia dan bertanggung jawab untuk kelanjutan pengembangan FreeHand. Macromedia FreeHand yang menerima 200.000 pelanggan dan memperluas produk tradisional lini perangkat lunak grafis multimedia untuk ilustrasi dan desain perangkat lunak grafis. [14] CEO James Von Ehr menjadi Macromedia wakil presiden sampai 1997 ketika dia keluar untuk memulai usaha lain.
5.0 FreeHand dijual seharga $ 595 pada tahun 1995. Versi ini menampilkan kerja yang lebih disesuaikan dan diperluas, beberapa tampilan, desain kuat dan alat mengedit, generator laporan, periksa ejaan, gaya paragraf, multicolor gradien mengisi hingga 64 warna, peningkatan kecepatan, dan itu diterima plugin Illustrator. Pada bulan September 1995, upgrade 5.5 menambahkan Photoshop plug-in mendukung, kemampuan Impor PDF, fitur Extract, grafis inline untuk teks, perbaikan otomatis memperluas wadah teks, fitur Tanaman, dan PICT Buat fitur Image.
Sebuah FreeHand 5,5 upgrade yang merupakan bagian dari FreeHand Graphics Studio (suite yang mencakup Fontographer, XREs (editing gambar aplikasi), dan Extreme 3D (3D animasi dan aplikasi pemodelan).
FreeHand 6,0 pada tahun 1996. Versi ini hanya ada dalam versi beta. Beberapa Freehand 7 versi prerelease yang dirilis di bawah tag 6 Freehand.
7,0 FreeHand dijual seharga $ 399 pada tahun 1996, atau $ 449 sebagai bagian dari FreeHand Graphics Studio Fitur termasuk user interface yang didesain ulang yang diperbolehkan (lihat di atas.) Mengkombinasikan Inspektur, Tabs Panel, Panel Dockable, Cursors Smart, Drag dan Drop dengan aplikasi Adobe dan QuarkXPress , Grafis Cari dan Ganti, Jawa (bahasa pemrograman) dan Otomasi AppleScript, pembuatan Chart, dan baru Efek alat dan fungsi. Shockwave diperkenalkan untuk memanfaatkan grafis untuk Web.
FreeHand 8,0 dijual seharga $ 399 pada tahun 1998. Versi ini mulai mengintegrasikan ke Web dengan kemampuan untuk mengekspor grafis langsung ke Macromedia Flash. Customizable toolbar dan shortcut keyboard adalah fitur menonjol. Juga Lens Isi dan Transparansi, Bentuk yang unik alat, Hose Grafis, Emboss Efek, dan “Kumpulkan untuk Output” fungsi untuk cetak.
FreeHand 9.0 dijual seharga $ 399 pada tahun 2000 atau $ 449 sebagai bagian dari bundel 4 Studio FreeHand Flash. Ini adalah reposisi utama untuk FreeHand menekankan Web dan terutama keluaran Flash. Membuat animasi Flash sederhana dari lapisan adalah fitur. Grid Perspektif, Magic Wand tool Tracing, Lasso tool, dan alat Halaman yang memperlakukan halaman seperti objek (mengubah ukuran, klon, memutar, dll)
FreeHand 10,0 dijual seharga $ 399 pada tahun 2000 atau $ 799 sebagai bagian dari bundel MX Studio. Macromedia dirilis ini sebagai dikarbonisasi untuk Mac OS 9 dan Mac OS X. bersama Interface Macromedia umum GUI dan beberapa alat yang ditambahkan atau diubah namanya untuk mencocokkan alat Flash. Fitur baru termasuk brushes, Master Pages, Print Area, dan Panel Navigasi untuk menambahkan link, nama, dan menambahkan tindakan atau catatan ke obyek. Juga “kursor Smart” Pen dan Alat Bezigon dan Gradient Isi Contour.
Versi kecil dari FreeHand 10 (10.0.1) datang sebagai hasil dari Adobe memenangkan gugatan terhadap Macromedia atas pelanggaran paten pada Panel Tab. Sebuah ulang dari antarmuka pengguna yang dihasilkan ini memperbaiki sementara untuk masalah panel. 10.0.1 telah tersedia dengan bundel MX Studio atau sebagai pembelian baru tapi tidak tersedia sebagai patch untuk pengguna yang ada. [15]
FreeHand MX dijual seharga $ 399 pada tahun 2003 atau $ 1580 sebagai bagian dari bundel MX Studio 2004. FreeHand 11 dipasarkan sebagai FreeHand MX dan menampilkan antarmuka integrasi yang lebih kuat dengan garis MX Macromedia produk. Rilis ini juga menampilkan Panel Obyek dirubah di mana semua atribut dan properti teks dipusatkan untuk mengedit, Atribut Ganda untuk efek terbatas, Efek Live, Live-edit dari bentuk dasar, Konektor alat Lines, Flash dan Fireworks integrasi, Extrude, Hapus, dan Bagan alat, bersama dengan perbaikan alat-alat standar.
Selama pengembangan MX FreeHand, basis instalasi pelanggan adalah 400.000 pengguna di seluruh dunia [16] tetapi karena persaingan dengan pangsa pasar Adobe Illustrator, Macromedia terfokus hanya pada lineup web berorientasi nya Flash, Dreamweaver, Fireworks, dan Sumbang. [17] Dalam 2003, Macromedia mengurangi tim pengembangan FreeHand ke anggota inti untuk menghasilkan beberapa update 11.0.2 dirilis pada Februari 2004. [18] [19] Perusahaan merilis rangkaian produk akhir sebelum merger 2005 dengan Adobe, yang disebut Studio 8 yang ditandai dengan tidak adanya FreeHand dari aplikasi interaktif suite secara online dari Dreamweaver, Flash, Fireworks, Sumbang, dan FlashPaper [20].
[Sunting] Adobe Freehand
Pada tanggal 18 April 2005, Adobe Systems mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Macromedia dalam pertukaran saham senilai sekitar $ 3,4 miliar. Departemen Kehakiman mengatur transaksi yang terjadi 10 tahun setelah tahun 1994 berkuasa Federal Trade Komisi yang dilarang Adobe dari memperoleh FreeHand [21]. Akuisisi ini berlangsung pada tanggal 3 Desember 2005, dan Adobe mengintegrasikan perusahaan operasi, jaringan, dan pelanggan organisasi perawatan segera sesudahnya [22]. Adobe mengakuisisi FreeHand bersama dengan lini produk yang mencakup seluruh Macromedia Flash, Dreamweaver, dan Fireworks tetapi tidak termasuk Fontographer, yang FontLab Ltd berlisensi dengan opsi untuk membeli semua hak [23]. di Adobe akuisisi meragukan Macromedia pada masa depan FreeHand, terutama karena produk Adobe bersaing, Illustrator [24]. Adobe diumumkan pada Mei 2006 yang direncanakan untuk terus mendukung FreeHand dan mengembangkannya “berdasarkan kebutuhan [mereka] pelanggan”. [25] Satu tahun kemudian pada 15 Mei 2007, Adobe mengatakan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan dan update ke program [26] [27] dan perusahaan akan menyediakan alat-alat dan dukungan untuk memudahkan transisi ke Illustrator. [28] Dalam 2008 wawancara dengan Manajer Produk Senior Illustrator, Terry Hemphill, katanya kepada pengguna FreeHand: “FreeHand tidak akan dihidupkan kembali, waktu untuk pindah, kok. Tim Illustrator membuat upaya bertekad untuk memberikan yang terbaik dari FreeHand ke Illustrator, yang harus terlihat dari beberapa fitur baru di CS4 “. [29]
[Sunting] Masa Depan
Pada tahun 2006, komunitas FreeHand memprotes pengumuman Adobe penghentian pembangunan dengan “Halaman Dukungan FreeHand” [30] petisi. Hal ini diikuti pada tahun 2007 oleh “FreeHand Tidak Must Die” [31] petisi. Pada tahun 2008, Adobe FreeHand Forum terdaftar, “Adobe FreeHand terbaru Upgrade MX, Apakah Anda membayar?” [32] yang terus menerima tanda tangan pada tahun 2012. Pada bulan Februari 2009, majalah Tinjauan Kreatif menerbitkan “Freehand Anonim” tentang penggunaan teknologi informasi sekarang FreeHand di Inggris [33] Pada September 2009,. Organisasi FreeHand Gratis (komunitas pengguna dengan tujuan mengamankan masa depan untuk FreeHand MX) didirikan dan pada tahun 2011, keanggotaannya telah melampaui 6000 anggota di seluruh dunia. [34] Pada bulan Mei 2011, Organisasi FreeHand Gratis mengajukan tuntutan antitrust perdata terhadap Adobe Systems, Inc menyatakan bahwa “Adobe telah melanggar undang-undang antitrust federal dan negara dengan menyalahgunakan posisi dominannya di pasar vektor ilustrasi perangkat lunak grafis profesional “[35]. Terlepas dari petisi tersebut dengan munculnya Flash Player 11 pada Oktober 2011 Adobe sengaja membuang dukungan untuk isi SWF dibuat dalam FreeHand diduga bertujuan untuk mendorong transisi ke perangkat lunak Illustrator nya .
Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X.
Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe.
Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.

Sumber :  horidesign.wordpress.com/modul/macromedia-freehand/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar